Jumat , November 24 2017
Home / Suwung / Meditasi Suwung Dalam ShamMind

Meditasi Suwung Dalam ShamMind

MEDITASI 1

Sebelum memasuki meditasi diam dengan lebih serius, amati dulu fikiran dan lompatan-lompatannya. Anda mesti mengenal fikiran anda sendiri. Anda mesti tau system kerjanya. Duduk santai saja, amati fikiran anda yang selalu berceloteh seperti burung kenari diwaktu pagi.

Melompat ke dimensi waktu YANG TELAH LALU, sejam yang lalu, sehari yang lalu, sebulan yang lalu, setahun yang lalu atau beberapa tahun yang lalu. Tubuh anda berada SAAT INI, tapi fikiran anda masih tertinggal di waktu lalu. Masih memikirkan peristiwa yang bikin perasaan anda berkecamuk galau tak menentu. Atau peristiwa yang bikin perasaan anda bahagia dan bangga berlebihan. Fikiran anda membentuk KEMELEKATAN pada peristiwa waktu lalu. Yang sebenarnya tidak penting anda fikirkan pada saat ini.

Atau fikiran anda melompat ke dimensi waktu MASA DEPAN. Sejam nanti, sehari nanti, seminggu nanti, sebulan nanti, setahun nanti atau beberapa tahun nanti. Fikiran anda membentuk mimpi, harapan, tujuan yang menjadi KEMELEKATAN fikiran anda sendiri. Lalu menciptakan galau dan khawatir berlebihan bila segalanya tak dapat anda raih.

Ada 3 dimensi waktu. TADI – SAAT INI – NANTI. Kenyataannya tubuh materi anda berada di SAAT INI, namun fikiran anda liar melompat menembus portal dimensi waktu ke TADI dan ke NANTI. Tubuh anda dan fikiran anda tidak menyatu, tidak singkron.

Amati kembali fikiran anda. Tiba-tiba saja anda berada di luar kota liburan, atau berkumpul bersama teman-teman anda. Lalu fikiran liar anda tiba-tiba saja mengajak anda bersama kekasih gelap anda, atau menciptakan ilusi bersama keluarga di luar negeri. Fikiran anda melekat pada sesuatu yang membuat anda senang atau galau, bahagia atau khawatir.

Ada 2 dimensi ruang. DI SANA dan DI SINI. Dan kenyataannya tubuh anda berada di sini namun fikiran anda liar menembus dimensi ruang ke sana dan di sana.

Aku sedikit memberikan tips yang sederhana walau tidak juga dikatakan mudah dalam prakteknya. Namun paling tidak membuat anda lebih gampang mengendalikannya, membantu dan menuntun anda masuk ke kedalaman meditasi. Arahkan celotehan fikiran anda pada saat ini, di sini. Pada aktivitas yang anda lakukan saat ini di sini. Sebagai contoh, ketika anda mandi celotehkan fikiran anda, “AKU MASUK KAMAR MANDI, AKU MENGGUYUR TUBUHKU DENGAN AIR, OH SEGARNYA, OH NIKMATNYA, AKU MENYABUNI TUBUHKU BERSIH BERSIH, AKU MENYAMPO RAMBUTKU”. Begitu seterusnya hingga ketika anda terbiasa, anda tak perlu mencelotehkan fikiran anda. Segalanya bekerja secara auto, karena singkronisasi tubuh anda dan fikiran anda telah berjalan dengan baik. Ini disebut SUWUNG dalam aktivitas keseharian.

*

MEDITASI 2

Kembali amati fikiran anda. Santai saja tidak usah terburu-buru. Siapkan rokok dan kopi bila anda menyukainya. Atau teh dan pengganan kecil yang rendah gula. Karena gula yang tinggi dapat juga mengganggu fokus fikiran anda ketika meditasi diam. Ambil posisi duduk yang nyaman disofa atau kursi yang bisa buat punggung anda nyaman bersandar.

Sekarang ajak fikiran anda mengingat peristiwa ketika anda menemui atau bertemu dengan seorang atau beberapa orang yang menurut anda mereka adalah pakar spiritual. Anda mendengarkan omongannya, memperhatikan bahasa wajah dan tubuhnya. Dan menerima informasi darinya begitu saja tanpa melewati proses kritisi logika anda berfikir. Masuk ke bawah sadar anda tersimpan sebagai memori yang kemudian menambah perpustakaan data bawah sadar anda. Menjadi patokan jalan kebenaran spiritual anda nantinya. Padahal apa yang disampaikan mereka sebenarnya belum masuk dalam logika anda berfikir. Tetapi kemudian menjadi data bawah sadar anda dan menambah ketebalan logika anda berfikir. (Ingat!!! Logika anda berfikir adalah batasan fikiran anda sendiri).

Mereka hanya sibuk beretorika, bercerita dan memunculkan pendapatnya yang tidak begitu penting untuk perkembangan meditasi anda. Berbagai macam cerita tentang ke-gaib-an mulai dari dedemit, khodam, guardian angel, sosok gaib yang sakti dan lain sebagainya. Mulai dari ufo, alien beserta semua peninggalannya. Mulai dari makhluk bawah tanah dan atas tanah dan makhluk langit. Mulai dari peninggalan bersejarah, arkeologi dan berbagai macam simbol-simbol aneh lainnya, baik yang mereka temukan atau mereka buat sendiri.

Alhasil.. bawah sadar anda menjadi bingung mencerna dan mengkonsep nya sebagai jalan buat diri anda sendiri. Sebab disatu sisi anda telah mutlak mempercayai itu sebagai suatu kebenaran, disisi lain bawah sadar anda menjadi bingung sendiri karena apa yang anda pakai sebagai patokan spiritual menjadi konflik logika bawah sadar anda sendiri.

Hal ini nantinya akan mengganggu proses meditasi anda. Apa lagi kalau dasar karakter anda adalah analis. Ketika anda meditasi, terjadi konflik logika dan malah membuat fikiran anda sibuk menganalisa, menilai, atau mencari-cari sesuatu yang sebenarnya tidak penting buat proses perkembangan meditasi anda.

Sebab essensi dari meditasi adalah fikiran anda DIAM. Tak ada logika, tak ada analisa, tak ada penilaian, tak ada pencarian. Diam thok. Itu saja kok. Kenapa mesti ribet dengan segala macam hal-hal yang tidak penting?

Jalan keluarnya adalah camkan dalam bawah sadar anda, bahwa KEBENARAN REALITA adalah APA YANG ANDA ALAMI, bukan apa yang orang lain alami. Selama anda mendengar dari pengalaman orang lain, selalu akan ada peluang ketidak benaran. Sebab jalan spiritual adalah PROSES KE DALAM DIRI ANDA, bukan proses segala di luar diri anda.

Maka segala masukan dari siapapun yang tak sesuai dengan logika anda berfikir, jangan langsung begitu saja anda terima, tapi jangan pula anda tolak. Anda endapkan saja dulu, dan biarkan nantinya pengalaman anda sendiri yang menolak atau menerimanya.

*

MEDITASI 3

Masih seputar mengamati fikiran untuk mengenal system kerjanya, seperti biasa duduk santai saja, boleh sambil ngudut dan ngopi kalau suka. Atau teh dan pengganan kecil yang rendah gula. Sekali lagi ingat, kelebihan gula membuat gagal fokus dalam meditasi diam. Ok kita mulai! Rileks dan sandarkan badan anda.

Amati kembali fikiran anda. Apa yang sering membuat anda tersinggung dan memicu emosi anda? Atau seberapa kuat anda tidak terpengaruh dengan post di wall orang lain atau omong-omongan tetangga/ teman sendiri? Semangkin sering emosi anda terpengaruh, semangkin banyak akumulasi energinya di fikiran anda. Semangkin penuh fikiran anda oleh akumulasi emosi negatif, semangkin sulit pula fikiran untuk diam/ kosong/ SUWUNG.

Solusinya adalah, berusaha untuk menyadari bahwa dimanapun dan sepositif apapun yang kita lakukan, suka-tidak suka, akan tetap selalu ada orang-orang yang suka maupun yang tidak suka pada kita. Ketika anda exis, energi move on anda kuat, akan semangkin mengundang orang lain untuk suka ataupun tidak suka. Ketika fikiran menyadari itu, selanjutnya yang perlu dilakukan fikiran adalah belajar untuk tidak terpengaruh sama sekali. Sebab terpengaruh adalah bentuk dari kemelekatan, dan kemelekatan adalah kuda binal fikiran.

*

MEDITASI 4

Kita sudah membahas beberapa pokok utama dari system kerja fikiran. Dari beberapa pokok utama ini, anda sudah bisa mengendalikan fikiran anda sendiri setahap demi setahap. Kini kita melangkah pada akumulasi emosi yang pemicunya dari fikiran, namun feel nya ada di dada. Kali ini aku mengajak anda untuk duduk di lantai. Sesantainya saja namun agak lebih serius dibandingkan kemarin. Letakkan kedua telapak tangan anda di dada. Arahkan fikiran anda untuk fokus pada rongga dada. Temukan suatu bad feel yang rada-rada sakit, sesak, perih atau suatu perasaan buruk yang nggak enak yang sulit digambarkan dengan kata-kata.

Bila sudah ketemu feel nya, ini adalah akumulasi dari emosi negatif yang anda pendam selama anda hidup. Tentu saja ini akan menjadi sumbatan sirkulasi energi anda ketika anda masuk dalam sesi meditasi diam nanti. Pada dasarnya energi ini butuh jalan keluar. Makanya pada meditasi bagi pemula, sering otot leher tegang dengan sendirinya. Sebenarnya ini adalah akumulasi energi negatif yang mencari jalan keluar, karena terdesak oleh energi lain yang lebih positif yang terakumulasi oleh meditasi.

Bila anda nggak ngerti cara me- release-nya, ini akan membuat fokus meditasi fikiran anda menjadi bergeser. Lalu analisa anda muncul, penilaian anda jalan. Fikiran anda kembali liar sibuk menganalisa dan menilai. Fikiran pun menjadi tidak diam.

Kini rasakan kembali emosi buruk itu di dada anda. Pertahankan telapak tangan anda di dada seperti semula. Perlahan visualisasikan rasa itu, beri warna hitam yang jelas. Tarik dengan kedua tangan anda, lalu genggam. Dan bawa ke lantai disekitar anda duduk. Release dan visualisasikan rasa itu di resap oleh ibu bumi secara alami. Ternetralisir dengan sendirinya. Lakukan sebanyak dan sesering mungkin. Hingga perasaan fresh, plong lebih dominan di dada anda.

**

FIKIRANLAH YANG MEMBENTUK DAN MEMBERI WARNA SUATU BENDA. BUKAN BENDA ITU SENDIRI.

Sesi postingan tentang MEDITASI sudah 4 jilid atau 4 kali postingan. Belum tuntas habis kita bahas sebab untuk sementara aku menangguhkan dulu agar semua dari anda yang mengikuti bisa mempraktekkannya dulu dalam kehidupan sehari-hari. 3 atau 4 hari ke depan, sesi meditasi akan kita bahas kembali.

Om Rene Descrates bilang “Aku berfikir maka aku ada!” Sederhananya om RD ingin memberikan pemahaman pada kita bahwa keberadaan kita ada saja karena fikiran kita berfikir bahwa kita ada. Aku beri contoh sederhana, benda apa yang anda lihat saat ini? Komputer? Laptop? Perangkat Android? Bagaimana bentuknya? Apa warnanya? Apapun yang anda lihat bentuknya, warnanya bukan karena bendanya, tapi karena fikiran anda lah yang membentuk, bentuknya itu benda dan warnanya itu benda. Bisa anda pahami?

Apa lagi keberadaan hal-hal lainnya. Sebab itulah makanya aku bilang bahwa disatu sisi LOGIKA membuat kita banyak memahami apapun. Tapi di sisi lain, LOGIKA adalah pondasi kecerdasan kita yang justru merupakan batasan kita berfikir. Maka tak heran bila logika anda berfikir meletakkan diri anda pada standard kebenaran dan menilai fikiran orang lain di luar diri anda yang tak sependapat dengan anda adalah SALAH.

Dalam ShamMind, tak ada salah dan benar, tidak ada penilaian apapun. Setiap orang mempunyai jalan masing-masing dan itu semua adalah proses buat dirinya sendiri. Bila hidup adalah pilihan, maka setiap pilihan hidup orang tersebut merupakan jalan proses hidupnya sendiri. Sebab setiap pilihan ada alasan pribadi sipemilih yang mendasari untuk memilih pilihannya. Dan kita sama sekali tidak bisa menjastifikasi bahwa pilihannya sebagai salah atau benar. Tidak sama sekali. Ruang pilihan itu adalah ruang privacy dan tak ada satupun orang di luar dirinya yang mengetahui alasan pribadinya untuk memilih jalan hidupnya. Dan hal ini disadari benar oleh para ShamMind.

Ini bukan sekedar free will, adalah konsep yang membebaskan orang lain untuk memilih jalan hidupnya sendiri, terlepas jalan yang dipilihnya itu salah atau benar. Tetapi ini adalah konsep, bahwa setiap orang mempunyai jalan yang berbeda menuju kesadaran kolektif tanpa ada penilaian salah atau benar.

ShamMind hanya menyederhanakan fikiran tanpa menilai. Semangkin sederhana fikiran berfikir, semangkin mudah untuk mendapat SUWUNG. Semangkin kosong muatan fikiran, tentu saja semangkin cepat KOSONG itu diraih. Yang tak sesuai dengan logika berfikir disimpan dulu, tidak ditolak tapi tidak juga diterima begitu saja. Biarkan nantinya yang menerima atau menolak adalah pengalaman yang mendukung atau yang bertentangan.

*

BLACK HOLE ITU ADALAH BINTANG YANG SUDAH SUWUNG.

Nah kemarin kita membahas tentang bad emotion yang membangun medan magnet yang bad juga. Dan membiaskan kesegala arah, lalu menarik hukum LOA yang juga bad. Bagaimana dengan good emotion? Ya sama saja. Kalau anda ingin segalanya good, anda harus berusaha menghadirkan good emotion agar LOA juga mendukung segala macam tujuan good anda dan menciptakan keberuntungan dan ke-miracle-an dalam mencapai tujuan anda.

Ini sebenarnya hanya dua sisi mata uang yang saling bertolak belakang. Dualisme adalah realitas dunia materi. Namun ada satu jalan tengah yang kekuatannya melebihi dua sisi mata uang tersebut. SUWUNG. Kekuatan fikiran yang maha dahsyat. Kekuatan yang hampir tidak pernah dilirik para praktisi dan trainer. Karena hanya membahas dua litas perasaan saja. Feel good dan feel bad. Tapi tidak pernah menyentuh sisi fikiran DIAM.

Kita bahas di sini. Kita anggap saja fikiran adalah suatu wadah yang terbuat dari “naluri bertahan hidup” ketika kita lahir. Masih kosong tak berisi apapun, tak ada keinginan, tak ada logika, tak ada analisa, tak ada penilaian. Inilah kekuatan alami fikiran manusia. Hanya saja karena fikiran kita belum dewasa dalam berfikir, kekuatan itu tak berarti apa-apa.

Seiring dengan berjalannya waktu wadah ini pun terisi dengan berbagai informasi dan data. Terbentuklah logika berdasarkan dari informasi dan data tersebut. Wadah menjadi penuh atau hampir penuh. Ketika fikiran di ajak untuk melakukan aktivitas, kekuatannya hanya sebatas logika berfikir yang tentu saja terbatas. Sementara feel good dan emotion good hanya menghadirkan bentuk kemelekatan yang juga menambah muatan ke dalam wadah fikiran.

Melatih SUWUNG adalah melatih kekuatan alami kita yang sudah ada sejak lahir. Membuat aktivitas yang kita lakukan dalam suwung menjadi naluri. Seperti Cristiano Ronaldo yang hanya bermain dengan ke-suwung-annya saja, naluri mencetak gol. Mengenai energi jangan ditanya. Seperti kekuatan black hole, kekuatan bintang yang sudah suwung, yang tak kenyang menyerap apapun termasuk energi disekitarnya.

**

CHRISTIANO RONALDO PUN MESTI SUWUNG UNTUK MENCETAK GOL.

Kalau anda membaca rangkaian postingan ku, beberapa kali terakhir ini sering membahas tentang suwung. Beberapa dari kita sering melontarkan pendapatnya tentang suwung yang sepertinya sangat sulit diraih atau hanya bisa diraih oleh orang-orang tertentu saja. Ya memang dalam meditasi diam, mencapai ke-suwung-an itu butuh waktu yang tidak sebentar dan bisa jadi hanya orang-orang tertentu yang memang menjadi pilihan semesta untuk mencapai deep meditation, dan bahkan ada yang dapat bertahan selama bertahun-tahun.

Tetapi dalam ShamMind, disamping anda tetap berlatih meditasi diam, anda juga berlatih meditasi sambil beraktivitas. Seperti yang sering ku ulang-ulang, menempatkan fikiran saat ini disini bersama tubuh melakukan aktivitas sehari-hari. Ketika fikiran dapat bertahan bersama tubuh pada saat melakukan aktivitas apapun dalam waktu yang lama, anda telah mampu membuat fikiran anda sendiri tidak liar. Dan bahkan kalau aktivitas anda menjadi kebiasaan, fikiran anda menjadi diam dan aktivitas anda berjalan secara otomatis saja. Keadaan ini bisa disebut, anda sudah suwung.

Kemarin aku mengambil contoh Christiano Ronaldo. Ya memang pada saat belajar menggocek bola, dia mesti meletakkan fikiran untuk fokus pada pelatihan ini contoh belajar meditasi. Namun ketika CR sudah menjadi terbiasa, aksinya meliak-liuk melewati lawan untuk menjebol gawang, tidak lagi menggunakan fikiran aktif. Yang terjadi adalah naluri mencetak gol. Sementara fikirannya diam pada tindakan. Inilah essensi suwung yang kumaksudkan dalam kehidupan sehari-hari.

*

DENGAN HANYA MEDITASI KESADARAN BERGERAK, ANDA MAMPU MEMPUNYAI KEKUATAN SPIRITUAL YANG SESUNGGUHNYA.

Ada banyak pertanyaan mengenai meditasi kesadaran bergerak. Tapi sedikit yang bisa menjelaskannya dengan mendetail dan menyentuh kedalaman. Kebanyakan literatur yang membahas ini masih mengambang dipermukaan. Belum menyentuh essensi. Sebab yang bisa menjelaskannya secara terperinci dan menyentuh kedalaman essensi adalah praktisi langsung yang memang mempraktekkannya sehari-hari. Berikut adalah ulasan ku

Banyak yang berpendapat bahwa fikiran itu terbatas, tapi ada pula yang berpendapat fikiran itu tak terbatas. Aku kira keduanya ada benarnya juga. Sebab memang ada batasan tipis antara hal yang masih bisa kita fikirkan, dengan suatu hal yang tak bisa muat dalam fikiran kita untuk difikirkan.

Namun keterbatasan fikiran pun ternyata bisa saja berubah menjadi lebih luas dari sebelumnya, ketika kita mendapatkan pemahaman baru yang menjawab pertanyaan yang membatasi fikiran ini sebelumnya. Gimana kira-kira bro? Bisa dipahami gak? Kalo kurang ngerti, coba dibaca lagi dari awal pelan-pelan saja.

Naah.. karena ini lah aku bilang, fikiran ini terbatas yang tak terbatas. Jadi sebenarnya menurutku fikiran ini dibatasi oleh batasan-batasan yang dibuat fikiran itu sendiri. Apa batasannya? Ok.. kita kupas perlahan-lahan. Ada 3 dimensi waktu, yakni TADI, SAAT INI, dan NANTI. Ada 2 dimensi ruang, yakni DI SANA dan DI SINI. Fikiran liar tak terkendali justru selalu berada dalam dimensi waktu TADI dan NANTI, dan selalu berada dalam dimensi ruang DI SANA. Padahal tubuh berada pada SAAT INI dan DI SINI. Artinya terjadi ketidak singkronan kerja fikiran dan tubuh. Karena fikiran anda masih tertinggal di masa lalu, atau fikiran anda sudah pergi ke masa depan, atau fikiran anda berada di sana. Sementara tubuh anda, ada pada saat ini, berada di sini. Ini lah yang disebut KETIDAK SADARAN dan inilah batasan fikiran.

Ke takterbatasannya fikiran itu adalah fikiran yang berada pada saat ini dan di sini, bersama tubuh fisik. Inilah fikiran suwung, fikiran kosong, fikiran quanta. Sebab ketakterbatasannya fikiran, justru karena tak lagi dipenuhi oleh muatan emosi masa lalu, dugaan masa depan dan perkiraan keadaan di sana. Inilah FIKIRAN YANG TAK ADA MUATAN. Memainkan peran yang dijalaninya SAAT INI dan DI SINI sebagai proses hidup.

Ketika essensi ini anda dapati, maka fikiran anda berada pada situasi MEDITASI KESADARAN. Dalam ShamMind disebut meditasi bergerak. Inilah kekuatan fikiran yang sesungguhnya. Tanpa perlu anda belajar teknik energi apapun, kekuatan simbol apapun, anda sudah mempunyai power spiritual yang sesungguhnya. Minat dan bakat andalah yang menentukan kemana power ini anda gunakan.

*

MEDITASI 5

Kembali kita lanjutkan pembahasan tentang meditasi. Sampai di sini, saya harap anda sudah cukup banyak mempraktekkan teknik membuang akumulasi emosi negatif.

Cukup sederhana, tetapi sangat efektif bukan? Bagaimana? Sudah anda praktekkan? Lakukan hingga bad emotion yang berasa di dada bertukar menjadi perasaan yang lebih plong atau fresh. Hampir tidak ada lagi tekanan. Ini sangat penting sebelum kita menuju ke sesi meditasi diam. Sebab akumulasi bad emotion akan membuat fikiran sulit untuk dikendalikan agar diam.

Pada dasarnya fikiran tidak akan bisa kosong. Termenung itu bukan kosong, tetapi fikiran liar tak terkendali oleh kesadaran. Bagaimanapun fikiran tetap butuh sesuatu untuk difikirkan karena memang karakter dasar dari fikiran adalah berfikir. Membentuk logika, mengumpulkan informasi data, menduga, dan lain sebagainya. Kita hanya memberikan suatu post (yang kita sebut titik fokus) pada fikiran untuk diam. Maka bila fikiran diam, pada satu titik fokus dalam waktu yang lama, fikiran bisa disebut MATI, yang selama ini sering kita sebut suwung.

Dengan matinya fikiran, runtuh lah semua logika, tak ada kata tak ada suara. Tak ada apapun. Artinya batasan fikiran sudah tak ada lagi. Karena yang membatasi fikiran kita justru adalah logika kita sendiri. Maka kesadaran kita boleh disebut masuk dalam ketakterbatasan, suatu kondisi Ilahiyah. Ma’rifat. Kondisi yang sangat privacy. Yang hanya bisa dipahami dengan mengalami, bukan memahami pengalaman orang lain.

Di telusuri dari pembahasan di atas, bisa kita simpulkan bahwa MEDITASI ADALAH BERFIKIR UNTUK TIDAK BERFIKIR.

**

Penulis : Indi Sujawe

About Edi Sugianto

Trainer, Terapis, Founder, & Guru Besar NAQSDNA Institute. Pusat Pelatihan Keajaiban Bawah Sadar Untuk Pengembangan Diri, Kesuksesan, Keberlimpahan,

Tinggalkan Balasan